Selasa, 06 Januari 2009

Agis Akuisisi Comstar dan Erafone

PRESS RELEASE – PT Agis Tbk segera merealisasikan akuisisi Comstar Mobile Pte Ltd dan PT Erafone Arta Retailindo. Aksi perusahaan PT Agis Tbk yang bergerak dalam bidang distribusi elektronika ini dijadwalkan bisa selesai pada bulan Januari 2009 ini.

Demikian dikemukakan oleh Samuel A. Lorenzo, President PT Agis Tbk di Jakarta, setelah melakukan kegiatan public expose.

Adapun total saham yang akan dibeli adalah 30% saham Comstar senilai Rp 530 miliar dan 30% saham Erafone senilai Rp 10 miliar. Sedangkan daya yang akan digunakan untuk membeli saham perusahaan tersebut dihimpun dari dana hasil Penawaran Umum Terbatas (PUT) III senilai Rp 700 miliar yang telah diperoleh tahun 2008.

Menurut Samuel, dengan aksi perusahaan akuisisi tersebut maka kinerja PT Agis Tbk akan langsung meningat karena menambah lebih dari 100 outlet handphone. Selain itu, PT Agis Tbk juga memiliki hak distribusi untuk handphone bermerek Nokia, Sony Erickson, dan Samsung untuk kawasan Asia Pacifik (termasuk Indonesia).

Dia menjelaskan, Comstar adalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi handphone, sedangkan Erafone bergerak di bidang perdagangan ritel handphone. “Dengan adanya akusisi ini tentunya kinerja perusahaan di masa mendatang akan menjadi lebih baik,” katanya.

Samuel mengakui terjadi perubahan strategi investasi yang dilakukan perusahaanya. Sebelumnya PT Agis Tbk berencana untuk mengembangkan investasi untuk memperbesar bisnis mereka di multimedia dan elektronik seperti menambah jumlah gerai atau membangun gerai baru. "Tapi setelah kita lakukan berbagai studi, lebih baik kami investasi dengan bisnis yang sudah ada, sehingga resiko bisa kita minimalisasi bahkan bisa meningkatkan produktifitas menjadi lebih baik lagi,” jelasnya. (***)

Tidak ada komentar: